Sound Volume

 
 

Yang dimaksud dengan metode spider web yaitu, dimana suatu tema tertentu diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Jangka waktu pengajaran untuk suatu tema bervariasi, umumnya berlangsung selama 1 sampai 3 minggu dan selanjutnya digantikan dengan tema yang baru lagi.

Melalui metode spider web ini ini, pemahaman anak-anak terhadap materi pelajaran bersifat integratif, komprehensif, dan lebih "membumi". Dengan demikian, anak-anak tidak hanya mendengar penjelasan dari guru tetapi juga dengan melihat langsung suatu objek secara visual, tidak hanya melalui gambar.

Misalnya pada saat membahas tema flora, maka anak-anak akan melihat langsung bentuk tumbuhan serta mengamati perkembangan secara langsung. Di dalam kelas audio visual pun akan diputarkan film-film yang bertema flora. Sedangkan dalam pelajaran science misalnya, anak-anak diajak melakukan percobaan menanam tauge yang dimulai dengan tahapan menabur benih kacang, sampai melihat perkembangan pertumbuhannya dari hari ke hari, sampai pada akhirnya taugenya tumbuh.

Berikut ini adalah contoh mind mapping penerapan kurikulum berbasis spider web di Taman Kanak-Kanak Hikari K!ds dengan tema "udara":